Awal Tahun, Pelayanan Disdukcapil Ternate Tetap Berjalan Normal

  • Whatsapp

TERNATE, HR – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ternate diawal tahun 2025 tetap memberikan pelayanan normal ke warga Kota Ternate baik secara online maupun offline.

Kepala Disdukcapil Kota Ternate, Fahri Fuad saat dikonfirmasi, Selasa (7/1/2025) mengatakan, pelayanan tetap berjalan normal, meski ada pengurusan administrasi dari PPPK.

“Kalaupun ada pengurusan administrasi dari PPPK tidak terlalu banyak, namun pelayanan tetap normal. Berbeda jika ada musim tes Polri itu lebih padat. Saya melihat pelayanan tetap normal,” akunya.

Menurut Fuad, pelayanan offline atau tatap muka itu hanya untuk perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (E-KTP) dan pencetakan e-KTP dan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD), selebihnya sebenarnya sudah dilakukan secara online menggunakan aplikasi Sigaru.

“Masuk ke aplikasi itu nanti dibalas oleh aplikasi apa keinginan pemohon. Misalnya pemohon mengurus kartu keluarga (KK) persyaratannya apa – apa saja, cuman saya lihat masyarakat lebih senang datang langsung ke kantor. Padahal jika menggunakan aplikasi cukup dari rumah saja, sehingga dapat melengkapi dokumen yang disyaratkan disampaikan lewat aplikasi,” tandasnya.

Ia mengaku pelayanan online sering terkendala jaringan atau masalah server, karena server terhubung langsung dari pusat yang digunakan dari Dirjen Dukcapil.

“Ia mencontohkan ketika warga masuk ke website, bukan masalah lama balasnya, tetapi ada dokumen yang salah dan tidak sesuai. Jadi kalau tidak sesuai kita balik lagi. Kalau ingin dibalas cepat, dokumennya harus lengkap dan benar, jangan sampai yang satu dokumennya beda seperti pada saat penulisan berbeda dengan dilampirkan,” ungkap Fahri.(nty)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.