Berikan Layanan Kepada Pelanggan Terkait Stimulus, PLN Buka Saluran Pengaduan Melalui Aplikasi PLN Mobile

  • Whatsapp

TOBELO, HR—– PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) kembali mengingatkan bagi pelanggan subsidi daya 450 VA dan 900 VA di Maluku dan Maluku Utara bahwa stimulus listrik di Triwulan II tahun 2021 masih tersedia di Bulan Juni ini.
Progam PLN tersebut dipaparkan langsung oleh Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN UIW MMU, Amos Pasalli, pada konfrensi pers melalui daring atau virtual, yang diikuti oleh sejumlah wartawan dari kantor UP3 Tobelo, Kamis (17/06/2021).
“Khususnya untuk pelanggan Pra Bayar akan mendapatkan diskon tarif listrik pada saat melakukan transaksi pembelian token listrik, sementara untuk pelanggan Pasca Bayar diskon diberikan dengan langsung memotong tagihan rekening listrik”, ujar Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN UIW MMU, Amos Pasalli, Kamis (17/06/2021).

Konfrensi Pers di kantor UK3P Tobelo

Berdasarkan surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, stimulus periode April – Juni 2021, besarannya akan diberikan separuh dari periode sebelumnya, yaitu: 1.Pelanggan golongan rumah tangga daya 450 Volt Ampere, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala. 2.Pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon sebesar tarif listrik 25 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.
3.Pembebasan biaya beban atau abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan industri, bisnis, dan sosial.
“Bagi pelanggan daya 450 VA pasca bayar, karena adanya perubahan besaran diskon stimulus maka mulai rekening bulan April 2021 kemarin pelanggan harus kembali melakukan pembayaran. Selain itu bagi pelanggan prabayar juga diharapkan dapat melakukan pembelian token listrik di Bulan Juni ini”, tambah Amos.
Dikatakannya, seperti program sebelumnya, penerima stimulus listrik dengan skema perpanjangan diskon bagi pelanggan subsidi yakni pelanggan rumah tangga dengan daya listrik 450 VA dan 900 VA. Selain itu juga ada pelanggan bisnis kecil dengan daya listrik 450 VA dan industri kecil daya listrik 450 VA.
“PLN berharap hadirnya stimulus listrik dapat meningkatkan produktivitas pelaku usaha serta daya beli masyarakat guna memulihkan perekonomian nasional.” tandasnya.
Selain itu, untuk memberikan layanan kepada pelanggan terkait stimulus, PLN membuka saluran pengaduan melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui Playstore atau AppStore.
” Aplikasi PLN Mobile yang sudah diluncurkan sejak akhir Desember 2020 lalu terus melakukan pengembangan fitur untuk memberikan kepuasan bagi pelanggan PLN dalam memanfaatkan layanan kelistrikan dalam genggamannya.” jelasnya.
Terbaru, pelanggan PLN dapat mengestimasi tagihan listrik bulan selanjutnya melalui fitur Swadaya Catat Angka Meter (SwaCAM) yang ada pada aplikasi PLN Mobile.
“Sejak bulan April lalu, terdapat fitur terbaru pada menu SWACAM bagi pelanggan pascabayar untuk mengetahui estimasi tagihan listriknya. Ini juga sebagai bentuk transparasi pemakaian listrik bagi pelanggan. Maka kami harap seluruh pelanggan di Maluku dan Maluku Utara dapat memanfaatkan fitur ini”, ujarnya.
Fitur SWACAM ini sendiri juga bertujuan untuk meminimalisasi potensi kesalahan baca meter, khususnya bagi kondisi atau lokasi meter pelanggan yang sulit dibaca oleh petugas.
Selain di New PLN Mobile, PLN juga menyediakan layanan Baca Meter Mandiri melalui WhatsApp di nomor 08122123123, sehingga pelanggan dapat melakukan pelaporan mandiri pada tanggal 24-27 setiap bulannya.
Apabila pelanggan belum melaporkan secara mandiri melalui SwaCAM atau Whatsapp, serta lokasi atau kondisi meter pelanggan sulit dibaca oleh petugas, maka sebagai alternatif akhir PLN akan menggunakan rata-rata 3 bulan pemakaian sebagai dasar perhitungan rekening listrik.
Pengguna aplikasi PLN Mobile di Maluku dan Maluku Utara sendiri kini mencapai lebih dari 60 ribu pengguna.
“Sehingga kami harap dengan adanya penambahan fitur terbaru dari ini dapat meningkatkan lagi kepuasan pelanggan dan meningkatkan kepuasan customer experience dalam penggunaan superapps ini”, tutur Amos.
Untuk mendapat beragam kemudahan lainnya dari layanan PLN, pelanggan dapat segera mengunduh aplikasi New PLN Mobile yang sudah tersedia di Play Store dan App Store. (man)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.