TOBELO, HR— Manajer Unit Layanan Pelayanan (ULP) PT PLN Tobelo, M. Fauzan S. Gafur, menanggapi keluhan warga di wilayah Galela Utara, padamnya listrik yang sering kali terjadi di wilayah tersebut.
” Pemadaman listrik ada yang resmi dilakukan oleh PLN karena ada pekerjaan dan tidak pernah memadamkan pada malam hari kecuali kondisi emergency ketika ada laporan.” ungkap M. Fauzan S. Gafur. Kamis (19/01/2023).
Menurutnya, Jika terjadi pemadaman, maka pihaknya pasti sampaikan melalui surat jadwal pemadaman secara resmi ke masing-masing kepala desa tetapi yang terjadi di luar jadwal itu murni karena ada gangguan sistem kelistrikan.
Fauzan bilang PLN berupaya maksimal untuk menjaga kendala pasokan listrik. Penyebab padamnya aliran listrik, jelas Fauzan, bisa terjadi di sisi jaringan dan tidak dapat diprediksi. Sedangkan jika terjadi gangguan pembangkit mesin akan disampaikan jadwal padam bergilir secara resmi, baik surat kepada pemda dan perangkatnya atau melalui media elektronik radio dan sosial media.
“ Listrik yang sering padam itu karena biasanya kondisi alam seperti hujan lebat disertai angin kencang, sehingga beberapa kali pohon tumbang atau dahan kelapa yang tersangkut di kabel listrik, jadi tidak ada yang sengaja memadamkan,” kata Fauzan.
Fauzan juga mengaku pihaknya sudah berupaya untuk memangkas dan menebang pohon untuk dimaksimalkan. Namun kendala dengan tanaman produktif kelapa yang sebagian besar pemiliknya tidak bersedia ditebang.” Ini juga menjadi kendala bagi kami, apalagi jalan menuju Galela Utara-Loloda harus melewati sungai yang sebagian jembatan belum di bikin,” ujarnya.
Lebih lanjut Fauzan mengatakan untuk wilayah Halmahera Utara seluruh kecamatan sudah terjangkau listrik PLN bahkan sampai di pulau-pulau, ” Kami berupaya tidak ada warga yang mengeluh belum menikmati listrik PLN,” pungkasnya (man).