Wali Kota Apresiasi Proper Peserta PKN Lapor Ndan

  • Whatsapp

TERNATE, HR – Wali Kota Ternate M.Tauhid Soleman launching Layanan Aspirasi Masyarakat Ternate Andalan atau Lapor Ndan yang merupakan Proyek Perubahan PKN II Angkatan XXV Tahun 2022, dari Sekertaris DPRD Ternate, Aldhy, di Resto Red Corner, Rabu (30/11).

Wali Kota menyampaikan selama ini harmonisasi eksekutif dan legislatif sangat baik dan ini perlu diapresiasi semua pihak.

“Perlu saya sampaikan bahwa saat memperingati HUT Korpri saya sempat meminta pada setiap OPD punya inovasi tidak harus mahal, tidak harus digital, tapi hal kecil bisa diwujudkan semua OPD. Kadang kala mendorong inovasi ini tentunya tidak gampang kecuali orang – orang yang kreatif,” ucapnya.

Menurut Wali Kota, ada ruang bagi ASN salah satunya melalui pendidikan atau PKN dalam rangka mengikuti apakah seorang itu mampu mengarahkan orang lain atau tidak. Pasalnya, seorang reformer kemampuan mempengaruhi orang tidak gampang.

“Kita tidak bekerja sendiri, kita harus mampu membagi semua pihak dalam rangka mendukung tugas kita, agar semua pekerjaan itu bekerja secara baik. Saya pun akan memberikan dukungan kalau smua OPD punya inovasi, maka akan mempermudah urusan tugas dan beban dalam seorang yang diberikan amanah memegang jabatan,” ucapnya.

Sementara, Ketua DPRD Kota Ternate Muhajirin menyampaikan, proyek perubahan dalam bentuk digitalisasi tidak ada berbeda momentum kemarin, atau yg digagas oleh Sekwan sebelumnya.
DPRD mengapresiasi Sekwan selaku reformer yang punya inovasi yang segera direspon semua pihak.

Sambungnya, semoga inovasi ini menjadi aplikasi yang digunakan Pemkot dalam rangka mengakses aspirasi baik cepat maupun lambat dilakukan masyarakat. Oleh karena itu, DPRD memberikan suport dan dukungan agar inovasi ini tinggal didorong oleh Pemkot Ternate.

Dikatakannya, DPRD memberi dukungan penuh capainya sesuai dengan yang ditargetkan. Sehingga harapan inovasi ini bisa digunakan Pemda untuk aplikasi paten yang digunakan Pemda untuk menjembatani aspirasi masyarakat.

Terpisah, Aldhy mengatakan, ini adalah layanan yang memberikan akses kepada masyarakat secara langsung untuk mengusulkan aspirasi maupun melaporkan aduan terkait dengan pelayanan dasar.
Program inovasi bagi Aldhy, sebagai perwujudan visi misi Pemerintah Kota yakni terciptanya tata kelola pemerintahan yang ekstra aktif dan responsif.

Meski begitu, proyek inovasi menurutnya, sebagai wujud pelayanan Sekretariat DPRD Kota Ternate guna menunjang kerja kerja lembaga DPRD, yakni ;

A. Manfaat bagi Pemerintah Daerah:
• Tingkat kepercayaan terhadap Pemerintah Kota Ternate semakin meningkat dengan adanya Pelayanan yang efektif dan efesien Sektretariat DPRD Kota Ternate sebagai pelayan masyarakat
• Rentang kendali akan mudah tercapai antara Legislatif dan Eksekutif
B. Manfaat bagi organisasi:
• Hasil evaluasi akan menjadi masukan bagi perencanaan program – progran Sekretariat DPRD selanjutnya
• Mengubah sistem, pola pikir dan budaya kerja menjadi lebih baik yang sesuai dengan tujuan dan sasaran Reformasi Birokrasi
• Meningkatkan efesiensi dan efektifitas organisasi secara proporsional sesuai dengan kebutuhan, sehingga organisasi menjadi tepat fungsi dan tepat ukuran
• Meningkatkan efesiensi dan efektifitas sistem, proses dan prosedur kerja
• Meningkatkan kapasitas dan kapabilitas kerja birokrasi
• Memberikan pelayanan yang lebih cepat, lebih murah, lebih mudah dan
lebih berkualitas
c. Manfaat bagi stakeholder ;
• Memperbaiki sistem pelayanan dan peingkatan pelayanan kepada fungsi pengawasan DPRD.

D. Manfaat bagi masyarakat ;
• Masyarakat semakin memiliki kesadaran dalam menyalurkan aspirasi bukan lagi dengan cara cara lama.
• Permasalahan masyarakat dapat segera di respon di atasi
• Masyarakat terlibat secara langsung dalam pengawasan pelayanan
dasar
• Masyarakat merasa puas terhadap layanan pemerintah.(nty)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.