249 Panwaslu Desa di Halsel Resmi Dilantik

  • Whatsapp

LABUHA,HR – Pasca serangkaian tahapan yang dilewati calon Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) mulai dari seleksi administrasi hingga tes wawancara, akhirnya pada hari ini Panwaslu Kelurahan/Desa resmi dilantik. Minggu, (02/06/2024).

Kegiatan Pelantikan pada hari ini dilaksanakan secara serentak di 26 Kecamatan se-Kabupaten Halmahera Selatan. Sementara di 4 Kecamatan yakni Bacan Timur, Bacan Barat Utara, Bacan Timur Tengah dan Kecamatan Kayoa, sudah melaksanakan pelantikan pada Sabtu kemarin..

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Rais Kahar mengatakan, Panwaslu Desa yang telah dilantik akan diberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) Oleh Panwaslu Kecamatan.

“Bagi Kecamatan yang sudah melakukan pelantikan pada hari ini, langsung memberikan Bimtek kepada Panwaslu Desa. Sebab saat ini, tahapan penyelenggaraan Pemilihan tengah berlangsung,”ujarnya

Rais juga mengajak kepada Panwaslu Kecamatan dalam pembekalannya di fokuskan pada pengawasan tahapan Pemutahiran Data Pemilih yang sedang berlangsung. “Selain itu, fokus pengawasan kita terhadap semua pihak yang dilarang terlibat secara langsung kegiatan Politik praktis. misalkan Netralitas ASN, TNI/POLRI Serta Kepala Desa dan Aparatur Desa Pada Masing-masing Wilayah Kerja,”bebernya

Komisioner Bawaslu Halsel 2 Periode itu berharap kepada Panwaslu Desa yang baru saja dilantik agar kedepankan langka Pencegahan setiap menjalankan tugas pengawasan pada Tahapan Pemilihan yang sedang berlangsung.

“Selalu lakukan kordinasi pada satu tingkat Di atasnya secara berjenjang apabila ada hal-hal yang berkaitan dengan tugas pokok Panwaslu Desa. Tetap Stay di masing-masing Desa yang menjadi Wilayah Hukum kerja,”tutupnya.(echa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.