Jelang HUT RI ke-77, Pimpinan OPD dan Camat Wajib Kibarkan Bendera Merah Putih

  • Whatsapp

MOROTAI,HR–Guna menyambut dan menyemarakkan peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022, Pemerintah Daerah (Pemda) Pulau Morotai melalui Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Pulau Morotai F. Revi Dara menghimbau warga Pulau Morotai untuk mengibarkan bendera merah putih sejak tanggal 1-18 Agustus 2022.

“Berdasarkan hasil rapat dengan seluruh pimpinan OPD dilingkup Pemda Pulau Morotai, saya menginstruksikan lewat rapat kemarin. Mulai dari tanggal 1 Agustus disemua rumah bendera merah putih itu wajib hukumnya untuk mengibarkan bendera merah putih dalam rangka untuk memeriahkan hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 77 tahun yang nanti akan dilakukan pada bulan Agustus mendatang.”ungkap Revi kepada media ini, Selasa (27/06/2022).
Tidak hanya itu, Revi juga mewanti-wanti kepada Pimpinan OPD dan Kepala Kantor Kecamatan (Camat), jika ditemukan warga yang tidak mengibarkan bendera maka masing-masing kepala, baik itu pimpinan OPD maupun Camat akan diberikan sangsi sesuai dengan hasil rapat beberapa hari lalu.

“Jadi, mulai tanggal 1 Agustus mendatang seluruh masyarakat Indonesia khusus masyarakat Pulau Morotai wajib mengibarkan bendera merah putih. Apalagi para pegawai dan lebih utama pimpinan OPD, jika tidak mengibarkan bendera pada saat memasuki bulan Agustus nantinya, maka akan diberikan sanksi dalam bentuk pemotongan TPP. Jadi kasih naik bendera itu, dari mulai tanggal 1-18 Agustus sebagaimana dalam ketentuan yang telah diatur,”tegasnya.

“Begitupun para Kabid, Kabag dan seluruh esolan III dan IV bahkan seluruh Pegawai di Pulau Morotai, wajib menaikan bendera merah putih dan seluruh masyarakat di 88 Desa di Pulau Morotai. Ketika ada masyarakat yang tidak menaikan benderanya maka sanksinya akan diberikan ke masing-masing Camat di 6 Kecamatan. Olehnya itu, camat harus berkoordinasi dengan kepala-kepala desa dimasing-masing wilayahnya untuk memastikan keseluruh masyarakatnya punya bendera merah putih,”tambah tegasnya.
Ditanya kegiatan apa saja yang bakal diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT RI yang Ke-77 di Morotai, dirinya mengaku bahwa hal tersebut belum bisa dipastikan lantaran Morotai Masi berada pada level 1 Covid-19. Bahkan, kata Dia, pelaksanaan upacara juga belum bisa dipastikan.

“Dan untuk Pemda sendiri mungkin tidak terlalu banyak kegiatan karena masih pandemi Covid-19, soalnya kita di Morotai masih ditentukan level satu oleh Dinas Kesehata, sehingga kalau untuk Upacara 17 Agustus nantinya kita buat persiapan saja. Tetapi, apakah pelaksanaan upacaranya dilapangan terbuka atau nanti vicom jadi kita masih menunggu konfirmasi dengan Sekertaris Negara RI juknisnya seperti apa. Jadi kita menunggu Juknisnya dari Mensesneg tentang pelaksanaan peringatan HUT RI yang ke 77 tahun,”jelasnya.

Kembali ditanya soal kesiapan pelaksanaan HUT RI yang ke-77, dirinya mengaku bahwa untuk persiapan saat ini sudah mulai dilakukan baik itu kepanitiaan pelaksanaan HUT RI maupun tempat pelaksanaan Upacara pengibaran bendera.

“Sekarang persiapan-persiapannya sudah mulai dibentuk paniti. Dan untuk dananya sudah melekat di Dispora dengan hari-hari besar nasional. Kemudian persiapan lapangannya, kemarin kami sudah pantau dan seandainya didalam juknis itu bahwa upacaranya dilaksanakan ditempat terbuka, maka akan dilaksanakan dilapangan merdeka Morotai,”tandasnya. (lud)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.