Pemkab Pulau Morotai Gelar Musrembang RPJPD 2025-2045

  • Whatsapp

MOROTAI,HR — Pemerintah Kabupaten Pulau (Pemkab) Morotai, Menggelar Musrembang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daera (RPJPD) Kabupaten Pulau Morotai, Tahun 2025 – 2045.

Kegiatan Musrembang ini, dimulai sejak pukul : 08.00 wit, yang bertempat di ruangan Gedung Aula Kantor Bupati atau Gedung Pemerintah Terpatu, Kamis (13/06/2024).

Musrenbang RPJPD kali ini diberi visi, Kabupaten Pulau Morotai Simpul Ekonomi Indonesia di Asia Pasifik yang Maju dan Berkelanjutan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemda Morotai, Muhammad Umar Ali, dalam sambutannya mengatakan, Musrembang kali ini sangat penting.

Hal ini dikarenakan membahas atau merancang Morotai 20 tahun kedepan atau akan datang, yang berkaitan dengan pembangunan yang berkelanjutan.

Menurut Umar Ali, dalam proses pembangunan ini seluruh simpul atau elemen yang ada di Morotai sangatlah dibutuhkan

Karena, partisipasi pikiran pembangunan jangka panjang untuk morotai akan datang ada beberapa bidang atau sektor yang menjadi konsentrasi atau prioritas pemerintah morotai, untuk kepentingan masyarakat

Bahkan sudah ada isu-isu strategis yang kita kantongi bersama, dan tentunya itu menjadi kefokusan kita bersama di beberapa bidang, misalnya, sosial, ekonomi, lingkungan, geografis dan lain sebagainya, dan adapun 5 isu yang telah kami list diantaranya :

1. Kabupaten Pulau Morotai, perlu mengantisipasi dinamika Geopolitik dan Geoekonomi yang meningkat

2. Peningkatan jumlah penduduk dan Bonus Demografi sebagai modal pembangunan yang penting dan harus diperkuat.

3. Modal Sosial Budaya berperan sebagai faktor pendukung pembentukan modal manusia

4. Kekayaan alam merupakan modal dasar bagi pembangunan daerah. baik sumber daya terrestrial maupun sumber daya kelautan dan perikanan.

5. Perubahan Iklim. Kondisi bumi yang makin panas saat ini telah masuk pada kategori “Kode Merah Bagi Manusia.”

“Kita perluh serius dalam merancang konsep pembangunan Morotai di 20 tahun akan datang ini lewat RPJPD,”tandanya.(ode)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.