Diduga Preteli Mobil Dinas, Praktisi Hukum : Masuk Penggelapan, Mantan Kadis Nakertrans Malut Bisa Dipidana

  • Whatsapp
Praktisi Hukum Universitas Khairun Ternate Abd. Kader Bubu, SH, MH

TERNATE,HR—Praktisi Hukum Universitas Khairun Ternate Abd. Kader Bubu, SH, MH ikut menanggapi mantan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Provinsi Maluku Utara Ridwan Goal Putra Hasan diduga mempreteli kursi mobil dinas Toyota Innova Bernomor Polisi DG 1109¬† BP yang biasa meraka gunakan dalam bertugas.

Menurut Abd. Kadir Bubu, apa yang dilakukan mantan Kadis Nakertrans Provinsi Malut, masuk kasus penggelapan. Sebab kata kata dia, perilaku tersebut sudah masuk sebagai penggelapan barang, dan bisa diteruskan ke meja hukum.

Mobil Dinas Nakertrans Provinsi Maluku Utara Toyota Innova Bernomor Polisi DG 1109 BP

“Sebagai aset daerah mobil dinas beserta aksesoris di dalam tidak boleh dipindah tangankan ke tempat lain atau barang milik pribadi masuk kategori penggelapan,”ujar Abdul Kadir Bubu, kepada wartawan, Rabu (08/06/2022).

Karena itu, kata Dade begitu dia sering disapa, mantan pejabat yang sengaja memindahkan aksesoris mobil dinas ke mobil pribadinya sebaikanya dikembalikan, karena sampai aset hilang maka hal tersebut sudah masuk pidana.

“Perangkat apapun yang disediakan oleh pemerintah untuk kepentingan dinas, kemudian dipindahtangankan ke tempat lain, apalagi dipindahkan menjadi milik pribadi, jelas tidak bisa. Dan itu masuk kategori penggelapan sehingga bisa dipidana,”tegasnya.

Bagian Dalam Mobil Dinas Nakertrans Provinsi Maluku Utara Toyota Innova Bernomor Polisi DG 1109 BP yang diduga dipreteli Mantan Kadis Nakertrans

Diketahui, Mantan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Provinsi Maluku Utara Ridwan Goal Putra Hasan diduga mempreteli kursi mobil dinas Toyota Innova Bernomor Polisi DG 1109  BP yang biasa meraka gunakan dalam bertugas. Kelakuan itu dilakukan setelah Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba mencopot Ridwan Goal Putra dari jabatannya sebagai Kepala Nakertrans Provinsi Malut belum lama ini.

Informasi yang dihimpun media ini, mobil dinas yang biasa digunakan mantan Kadis Nakertrans kursi mobil yang asli diganti dan pindahkan ke mobil pribadinya. Sedangkan kursi mobil pribadinya dipindahkan ke mobil dinas.

Tindakan yang dilakukan mantan pejabat mempreteli mobil dinas merupakan tindakan melanggar hukum. Sebab, mobil dinas merupakan aset daerah yang harus dipertanggungjawabkan.

Ini tidak boleh dibiarkan, setiap ada pejabat yang dimutasi mobil dinas dipreteli itu akan menjadi pembelajaran buruk dan akan terus berulang.

Sementara mantan Kadis Nakertrans Malut Ridwan Goal Putra Hasan ketika dikonfirmasi via WhatsApp , Selasa (07/06/2022) tidak ditanggapi meski nomor yang dituju sedang aktif hingga berita ini dipublis.(asfa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.