Hadapi Sidang Sengketa PSU Pilkada, KPU Halut Siapkan Bukti ke MK

  • Whatsapp
KPU Halut buka kotak suara di saksikan oleh Bawaslu dan pihak Kepolisian (dok, foto: KPU Halut).

TOBELO, HR—-Menghadapi sidang pendahuluan Sengketa Perselisihan Hasil pada Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Kepala Daerah kabupaten Halmahera Utara (Halut) yang dijadwalkan pada tanggal, 19 Mei 2021 mendatang.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halut telah menyiapkan materi dan bukti-bukti yang akan dibawa ke Mahkamah Konstitusi (MK).
Gugatan itu dilayangkan pasangan calon (paslon) nomor urut 02, Joel B Wogono-Said Bajak (JOS).
KPU Kabupaten Halut sebagai pihak termohon telah mengantongi surat pemberitahuan sidang di Mahkamah Konstitusi (MK) dengan registrasi perkara bernomor 143/PHP.BUP-XIX/2021 terkait perkara Perselisihan Hasil Pemilihan.
” Kami telah menerima salinan Akta Pengajuan Permohonan Pemohon (AP3) dari Juru Panggil MK, tentang surat pemberitahuan terkait perkara PHPkada yang di ajukan Paslon nomor Urut 02 Joel Wogono dan Said Bajak (JOS), yang sudah di registrasi oleh MK dengan jadwal tahapan persidangan pemeriksaan pendahuluan pada tanggal 19 Mei 2021, ” kata ketua Devisi Hukum KPU Halut, Abdul Jalil Djurumudi, Jumat (14/05/2021).
Menurut Jalil, untuk menyiapkan materi dan bukti-bukti, KPU telah membuka kotak yang disaksikan langsung oleh Bawaslu dan pihak kepolisian, ” Kotak suara yang di buka meliputi seluruh tempat PSU, masing masing yaitu TPS 07 Desa Rawajaya Kecamatan Tobelo, TPS 01 dan 02 Desa Supu Kecamatan Loloda Utara, TPS 02 Desa Tetewang serta 2 TPS Khusus PT. NHM Kecamatan Malifut.” Ujarnya.
Jalil mengatakan, isi kotak suara yang ambil sebagai alat bukti yaitu daftar hadir, formulir C hasil, serta beberapa kejadian khusus pada pleno tingkat PPS maupun PPK.” Jadi alat bukti yang di ambil itu di foto terlebih dahulu dan aslinya dikembalikan kedalam kotak kemudian langsung di simpan kedalam gudang milik KPU,” jelasnya.
Sebelumnya, berdasarkan data rekapitulasi hasil PSU yang diperoleh dari hasil penghitungan yang dilakukan di masing-masing TPS di antaranya, TPS 07 Desa Rawajaya FM-Mantap memperoleh suara sebanyak 171 Suara dan JOS memperoleh 159 suara. Untuk Desa Tetewang FM-Mantap memperoleh suara sebanyak 59 sementara JOS memperoleh 91 suara.
TPS Desa Supu Kecamatan Loloda Utara FM-Mantap mendulang 502 suara, sementara JOS memperoleh 200 suara.
Untuk TPS khusus PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) yang melakukan pemungutan suara susulan terdapat dua TPS.
Selain perolehan suara untuk TPS 1, FM-Mantap memperoleh 100 suara dan JOS memperoleh 123 suara. Untuk TPS 2, FM-Mantap memperoleh 102 suara dan JOS memperoleh 125 suara, sehingga perolehan suara paslon FM-Mantap meraih 933 suara dan JOS memperoleh 696 suara, sehingga total suara untuk FM-Mantap 933 ditambah dengan saldo 211 total seluruhnya 1.144 suara, sedangkan JOS memperoleh suara PSU sebanyak 696 suara.
Seperti diketahui, sesuai dengan pleno perolehan suara hasil PSU dan PSS di enam TPS oleh KPU Halut, paslon FM-Mantap memperoleh suara sebanyak 50.743 suara dan paslon JOS 50.377 suara, dari 101.120 suara sah dan 1.215 suara tidak sah dan pada penetapan perolehan suara itu, paslon FM-Mantap meraih suara terbanyak dengan selisih 366 suara.
Pasangan FM-Mantap yang juga petahana diusung oleh partai Golkar, Demokrat, Hanura, PAN, Nasdem, Perindo, Gerindra, dan PKS dan Frans Manery sendiri merupakan kader sekaligus Ketua DPD Golkar Kabupaten Halut, sedangkan Joel B. Wogono-Said Bajak diusung partai Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).
Pada Sidang di MK nanti, Paslon Joel Wogono dan Said Bajak sebagai pihak pemohon mengandeng sebanyak 40 pengacara sementara Paslon Frans Manery dan Muchlis Tapi Tapi sebagai pihak terkait menyiapkan 3 pengacara (mn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.