MERDEKA

  • Whatsapp
IKRAM HALIL

MERDEKA
Oleh : IKRAM HALIL

Kabid Bina Idiologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Kesbangpol Kota Ternate.

MERAYAKAN-Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78 adalah kesempatan untuk mengenang perjalanan panjang negara ini, menghargai para pahlawan dan perintis kemerdekaan, serta merenungkan pencapaian dan tantangan yang telah dihadapi. Ini adalah waktu yang tepat untuk memupuk semangat cinta tanah air, membangun kesadaran akan keberagaman budaya, dan berkomitmen untuk memajukan Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.

Sebagai generasi penerus perlu memahami bahwa kemerdekaan adalah hak dan tanggung jawab yang berharga. Nilai-nilai kemerdekaan meliputi penghargaan terhadap hak asasi manusia, partisipasi aktif dalam pembangunan negara, pemeliharaan persatuan dan keragaman budaya, serta menghormati perjuangan pahlawan dan nilai-nilai demokrasi. Pemahaman ini akan membantu generasi masa depan untuk menjaga dan memajukan negara mereka dengan penuh tanggung jawab serta semangat nasionalisme.

Sebab kemerdekaan adalah anugrah kenikmatan dan keistimewaan yang harus disyukuri oleh setiap warga negara. Melalui perjuangan dan pengorbanan para pahlawan, bangsa ini berhasil merebut hak untuk menentukan nasibnya sendiri dan mengendalikan masa depannya.

Kemerdekaan memberikan ruang bagi pembangunan, inovasi, dan perkembangan di segala bidang, serta memungkinkan warga negara untuk hidup dalam suasana damai dan bebas dari penindasan.

Kemerdekaan juga memberikan kesempatan untuk menghargai keberagaman baik budaya, bahasa, dan tradisi, serta memupuk rasa persatuan dan kesatuan di tengah-tengah perbedaan.

Namun, penting untuk diingat bahwa anugrah kemerdekaan juga membawa tanggung jawab besar. Kita harus menghargai dan memelihara nilai-nilai demokrasi, mengambil peran aktif dalam pembangunan negara, dan berkontribusi untuk menciptakan masyarakat yang adil, sejahtera, dan berkelanjutan.
Jadi, mari kita syukuri anugrah kemerdekaan dengan tidak hanya merayakannya setiap tahun, tetapi juga dengan berkomitmen untuk menjaga dan memajukan bangsa ini, serta mewujudkan impian para pahlawan kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari kita.

////Mengisi Kemerdekaan////

Dalam mengisi keerdekaan ini, sebagai generasi penerus harus mampu memastikan diri mengambil peran dalam mengisi kemerdekaan dengan cara-cara yang positif dan konstruktif. Bentuk mengisi kemerdekaan itu bagi generasi yang masih menjalani proses pendidikan harus terus
meningkatkan literasi, pendidikan, dan pengetahuan. Dengan memanfaatkan akses terbuka pada informasi untuk mengembangkan diri dan berkontribusi pada pembangunan negara.

Sementara bagi Kewirausahaan: Generasi muda dapat berinovasi dan menjadi pengusaha yang kreatif. Menciptakan lapangan kerja, mengembangkan teknologi baru, serta membangun ekosistem bisnis yang sehat.

Tidak hanya sampai disitu, bentuk mengisi kemerdekaan juga harus mampu berpartisipasi dalam Politik: sebab terlibat dalam proses politik seperti pemilihan umum,
atau menjadi bagian dari lembaga pemerintahan, dan berperan dalam pembuatan kebijakan adalah cara penting bagi generasi untuk membentuk arah negara mereka.

Dalam mengisi kemerdekaan juga, generasi bisa berperan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang hak-hak mereka, terutama yang berkaitan dengan kesejahteraan, kesehatan, dan lingkungan.

Kepedulian lingkungan dengan mengambil tanggung jawab dalam menjaga dan melestarikan lingkungan alam termasuk pula berpartisipasi dalam aksi sukarela dan kampanye sosial untuk membantu mereka yang membutuhkan adalah cara nyata untuk memberikan dampak positif. Sebab generasi muda memiliki potensi besar untuk membentuk masa depan bangsa.

Melalui kombinasi kreativitas, semangat, dan kerja keras, mereka dapat menjalankan peran penting dalam menjaga dan memajukan nilai-nilai kemerdekaan yang telah diraih.

///1000 bendera///

Dalam menyambut HUT RI ke-78 ini, pemerintah membagikan 1000 bendera merah putih kepada masyarakat. Ini dimaksudkan agar meningkatkan Semangat Nasionalisme dan cinta tanah air di kalangan masyarakat. Juga mengingatkan arti pentingnya kemerdekaan dan perjuangan para pahlawan. Meningkatkan kesadaran sejarah perjuangan dan pengorbanan yang mengantar Indonesia menuju kemerdekaan dan meningkatkan rasa persatuan masyarakat dalam perayaan bersama.

Selain itu, melalui pembagian 1000 bendera ini, juga memupuk identitas Nasional. Sebab bendera merah putih adalah simbol identitas nasional Indonesia sehingga akan memperkuat rasa memiliki dan mengenalkan lebih banyak orang tentang simbol ini.

Hal yang tidak kalah penting dalam mumentum pembagian 1000 bendera ini juga dapat menciptakan tradisi positif. Karena dengan Kebijakan ini dapat membantu menciptakan tradisi tahunan di mana masyarakat dapat merayakan HUT RI dengan cara yang positif dan bermakna. MERDEKA.(*)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.