Sepakat MoU, Wali Kota Janji Dermaga Penyebrangan Sulamadaha – Hiri Tahun Ini Rampung

  • Whatsapp

TERNATE, HR – Pemerintah Kota Ternate dan Aliansi Masyarakat Pulau Hiri (AMPUH) resmi melakukan Memorandum of Understanding (MoU) Nomor : 552.3/04/2023 tentang pembangunan dermaga penyebrangan pelabuhan Sulamadaha – Hiri.

Dalam penandatanganan tersebut, Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman sebagai pihak pertama dan Fanyira Soa Tomajiko Abdul Kadir Sadik mewakili masyarakat Kecamatan Pulau Hiri, sebagai pihak kedua.
Dalam kesepakatan, pihak pertama bersedia membangun dermaga penyeberangan Pulau Hiri di Kelurahan Sulamadaha yang dianggarkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja, Daerah Tahun 2023.

Disamping itu, pembangunan dermaga penyebrangan Pulau Hiri di Kelurahan Sulamadaha dilaksanakan menggunakan perencanaan awal Tahun 2023. Pihak Pertama wajib menyertakan anggaran pembangunan fasilitas pendukung seperti terminal, ruang tunggu, dan lahan parkir pada Tahun 2023.

Apabila tuntutan yang disepakati melalui nota kesepakatan bersama ini tidak dipenuhi, maka atas nama masyarakat adat Pulau Hiri akan memboikot aktivitas Pemerintahan Kecamatan Pulau Hiri dan Pelaksanaan Pemilu di Kecamatan Pulau Hiri.

Sebelum melakukan MoU, Wali Kota Ternate berjanji akan menyelesaikan dermaga penyebrangan Sulamadaha – Hiri tahun ini tuntas.

“Kita tetap menyelesaikan dermaga Hiri di Tahun 2023 tuntas, masyarakat di Hiri bisa kawal, datang sendiri dan melihat langsung tidak masalah, karena kita juga butuh pendampingan transparansi dari masyarakat,” ucapnya, Rabu (1/2/2023).

Tauhid juga bertekad dermaga ini harus diselesaikan, sehingga warga Hiri tidak perlu khawatir.

“Saya sudah sampaikan ke Camat, bukan hanya warga Hiri, tapi saya sebagai Wali Kota Ternate. Saya sudah bertekad dermaga harus diselesaikan, jadi warga tidak perlu khawatir, kita akan selesaikan. Karena selama saya bertugas tidak pernah melanggar janji, apa yang disampaikan ini itu menjadi tekad saya untuk selesaikan,” ucap dia.(nty)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.