Antisipasi Dampak Hujan Debu,, BPBD Halut Bagikan Ribuan Masker

  • Whatsapp

TOBELO, HR—-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Halmahera Utara (Halut) membagikan ribuan masker untuk warga di di kota Tobelo.
Pembagian masker ini, lantaran Gunung api Dukono menyemburkan abu vulkanik sehingga kota Tobelo dan sekitarnya diguyur hujan abu dari erupsi tersebut.
“Hasil pantauan TRC BPBD Halut di wilayah kota Tobelo terjadi hujan abu. Namun warga masyarakat beraktivitas normal seperti biasanya. Situasi Kondusif terkendali aman,” kata Kepala Pelaksana BPBD Halut, Abner Manery, Jumat (09/04/20201).
Menurut Abner, meski situasi kondusif, BPBD Halut tetap melakukan langkah antisipasi dengan menyuplai masker untuk warga di kota Tobelo,” Kami antisipasi dampak hujan abu dengan membagikan 1.000 masker untuk masyarakat Tobelo yang sementara beraktivitas diluar rumah,” ujarnya.
Salah satu warga Kota Tobelo, Jumar mengatakan hujan abu vulkanik mengguyur kota Tobelo sudah sepekan namun sejak dua hari terlihat sangat tinggi sejak pagi tadi. “Hujan Abu sudah terlihat sejak pukul 7 pagi tadi. Hingga pukul 11, belum reda hujan abunya. Ketebalan hujan abu cukup lumayan. rumah sudah mulai memutih, jalanan juga sudah memutih tertutup hujan abu. Beruntung ada juga hujan air sehingga bisa membantu membersihkan debu,” tutur Jumar (mn)

Pos terkait

"width="970" /> "width="970" />

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.