KPU RI Sahkan Rancangan Pertama, Halteng Jadi Tiga Dapil

  • Whatsapp

WEDA,HR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia akhirnya mengesahkan rancangan satu perubahan dapil dan alokasi kursi di Kabupaten HalmaheraTengah.

Hal ini berdasarkan uji publik yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Tengah, yang berdasarkan PKPU nomor 6 tahun 2023 tentang dapil dan alokasi kursi pada pemilu 2024 mendatang

Ini disampaikan Devisi Teknis Penyelegara Pemilu Komisi Pemilihan Umum, Iswadi Saleh bahwa perubahan tersebut Berdasarkan Peraturan KPU. Peraturan KPU tersebut, jumlah kursi DPRD Halteng tidak mengalami perubahan. Masih tetap 20 kursi seperti pileg tahun 2019 lalu. Sedangkan jumlah dapil mengalami perubahan dari dua dapil menjadi tiga dapil.

“Jumlah kursi DPRD Halteng tidak ada perubahan, masih tetap 20 kursi sesuai pileg tahun 2019 namun yang berubah disini hanya dapil, yang dulunya dua dapil kini sudah dibagi menjadi tiga Dapil,” kata Iswadi rabu (7/2/2023)

Iswadi bilang, dapil satu terdiri dari Kecamatan Weda, dan Kecamatan Weda Selatan dengan alokasi kursi sebanyan 9 kursi, sementara dapil dua mencakup Weda Tengah, Weda Utara dan Weda Timur menjadi dapil dua dengan alokasi kursi sebanyak 5 kursi.

Sementara itu untuk dapil tiga, terdiri dari Kecamatan Patani, Kecamatan Patani Barat, Kecamatan Patani Utara, Kecamatan Patani Timur, dan Pulau Gebe dengan alokasi kursi sebanyak 6 kursi.

Lanjut Iswadi, perubahan dapil dilakukan lantaran dalam ketentuan satu dapil itu minimal 3 maksimal 12 kursi. Pasalnya, setelah dilakukan pemetaan, dapil satu telah melebihi 12 kursi sehingga dapil satu harus dimekar menjadi dua dapil.

Tentunya dalam rancangan kita buat dua skema. Skema pertama tiga dapil dan skema kedua dua dapil. Kedua rancangan ini telah dilakukan uji publik dan dan hasilnya mencapai 90 persen yang menyetujui rancangan pertama.

Terlepas dari itu, Iswadi menuturkan bakal akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pengesahan KPU RI atas perubahan dapil dan alokasi kursi DPRD dimana sebelumnya hanya terdapat dua dapil kini dibagi menjadi tiga dapil.

Selain itu, skema rancangan kedua, KPU Halteng mengusulkan dua dapil. Dapil I Kecamatan Weda, Weda Selatan, dan Kecamatan Weda Tengah dengan jumlah kursi sebanyak 12 kursi sementara dapil II, Kecamatan Weda Utara, Kecamatan Weda Timur, Kecamatan Patani Barat, Patani, Patani Utara, Patani Timur dan Pulau Gebe sebanyak 8 kursi.

Nanun dua rancangan ini kemudian di usulkan ke KPU RI namun yang disahkan adalah rangcangan pertama, “sebab itu kewenangan KPU RI untuk menetapkannya,”terang Iswadi.

Iswadi menuturkan DPRD Halteng hingga saat ini masih tetap 20 kursi. Belum ada penambahan kursi karena jumlah penduduk belum mencapai angka seratus ribu lebih. penduduk Halteng, tahun 2022 di semester satu masih pada angka 86 ribu sekian, dan ini yang dipakai saat ini untuk menentukan jumlah kursi.

“Karena tahapannya di 2022 sehingga harus menggunakan itu. Makannya kuota kursi Halteng tidak beruba karena itu. Kita menggunakan data semester 1 tahun 2022,”paparnya. (rid).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.