Mahasiswa Teknik Informatika UMMU Launching 4 Website di Wasile

  • Whatsapp

TERNATE, HR – Penarikan mahasiswa kerja praktik program studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) di Aula Wasile, Kabupaten Halmahera Timur disaksikan langsung oleh Camat Wasile Timur, kepala desa, kepala sekolah SMA/SMK dan masyarakat di dua kecamatan Wasile Timur dan Wasile.
Penarikan mahasiswa kerja praktik yang bertema “Menuju Desa Cerdas Digital Berbasis Kepulauan” setelah satu bulan berdomisili disana, mahasiswa Teknik Informatika UMMU menghasilkan beberapa hasil yang dipamerkan dalam kegiatan tersebut diantaranya, pemasangan infrastruktur jaringan internet pada sekolah SMA Negeri 2 Haltim, SMA Muhammadiyah Subaim dan SMK MARITIM Muhammadiyah Haltim.

Ketua Program Studi Teknik Informatika Mustamin Hamid mengatakan, mahasiswa juga menghasilkan beberapa video dokumenter desa, guna mempromosikan keunggulan dan keunikan desa yang tentunya dengan tujuan mempromosikan Halmahera Timur pada umumnya dan mengasah kemampuan mahasiswa dilapangan secara langsung.

Tak sampai disitu, mahasiswa Teknik Informatika UMMU pada acara tersebut melaunching empat desa yang telah dionline – kan yaitu Desa Rawamangun, Desa Mekar Sari, Desa Toboino, Desa Bumi restu dan 6 website desa lainya saat ini sedang diproses untuk dionline-kan, hal ini mendapat respon yang antusias oleh camat, kepala desa dan masyarakatnya.

Camat Wasile Timur, Malawat Soar dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh Civitas Akademik Universitas Muhammadiyah Maluku Utara terutama prodi Teknik Informatika yang telah membangun kerjasama di bidang informatika menuju desa cerdas digital.

“Mahasiswa diminta agar tetap semangat dan terus berkaya,” ujar Malawat, Sabtu (17/6/2023).

Dikatakannya, Haltim yang dikenal akan pertanian unggul menjadikan kesempatan mahasiswa Teknik Informatika UMMU untuk belajar diluar bidang keilmuannya seperti membajak sawah, ikut memanen kan hasil pertaniannya, pembudidayaan ikan dan lain – lain bersama masyarakat di dua kecamatan tersebut.

Kegiatan lainnya juga tidak dilewatkan oleh mahasiswa dengan melakukan berbagai sosialisasi internet sehat, pengenalan dasar IT infrastrusktur, pemograman dasar dan video editing dasar di beberapa titik di dua kecamatan tersebut.

Sementara, Wakil Rektor I Dr. Abd Halil Hi Ibrahim menyampaikan, kegiatan kerja praktek yang dilakukan oleh program studi teknik Informatika UMMU adalah salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang perlu terus dikembangkan, karena memberikan sentuhan pengetahuan teknologi yang dibutuhkan oleh masyarakat pedesaan. Lewat kegiatan ini diharapkan akan terjadi penyesuaian IT, namun tentunya disesuaikan dengan nilai, karakter, norma yang ada di desa dan mampu menciptakan sinegeritas diantara keduanya.

“Mudah – mudahan dengan kegiatan ini mampu memperkenalkan Infrastrutur jaringan Internet desa menuju smart mobility (mobilitas cerdas), Literasi Digital menuju smart people (masyarakat cerdas), Membangun ekonomi cerdas (smart economy), dan lingkungan cerdas (smart environment) serta kehidupan cerdas (smart living),” cetusnya.

Koordinator Kerja Praktek Erwin Gunawan menambahkan, kegiatan penarikan Kerja praktik tahun 2023 ditutup di penandatangan MoU bersama 11 kepala Desa dan 3 SMK/SMA, Teknik Informatika UMMU siap berkolaborasi dengan desa untuk menuju desa cerdas digital berbasis kepulauan.

“Kegiatan tersebut mulai tanggal 23 Mei 2023 dan penarikan pada tanggal 17 Juni 2023,” pungkasnya.(***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.