MK Putuskan Pemilihan Suara Ulang Pilkada Halut

  • Whatsapp

TOBELO,HR—– Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan pemungutan suara ulang (PSU) di Empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) kabupaten Halmahera Utara Halut 2020. Dengan perkara No. 57 PHPU Kabupaten Halmahera Utara (Maluku Utara):
Keputusan tersebut dibacakan hakim MK pada sidang putusan terkait perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilbup Halut, Senin (22/03/2021).
Berdasarkan persidangan yang disiarkan secara langsung di kanal Youtube MK itu, Empat TPS yang diputuskan menggelar PSU adalah TPS 02 Tetewang, Kecamatan Kao Teluk, TPS 07 desa Rawajaya, kecamatan Tobelo, TPS 01 dan 02 desa Supu  kecamatan Loloda Utara dan TPS khusus di PT. NHM
Atas putusannya, hakim MK membatalkan surat keputusan KPU Halut dalam penetapan rekapitulasi perolehan suara Pilbup Halut tahun 2020. dimana pasangan calon bupati dan wakil bupati nomor urut 01, Frans Manery dan Muchlis Tapi Tapi  unggul sebanyak 619 suara dari pasangan nomor urut 02, Joel B Wogono dan Said Bajak.
MK pun mengabulkan sebagian dalil dari yang di mohonkan pemohon yaitu paslon nomor urut 02.
MK juga memutuskan waktu PSU dilaksanakan paling lambat 45 hari kerja sejak keputusan tersebut serta memerintahkan petugas KPPS dan PPK yang baru guna menjamin penyelenggaraan pilkada berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia (luber) serta jujur dan adil (jurdil).
Kemudian MK memerintahkan adanya supervisi dari KPU provinsi Maluku Utara hingga berjenjang termasuk Bawaslu yang juga melakukan hal serupa.
Hakim MK dalam putusannya juga meminta Polri dalam hal ini Polda Malut dan jajarannya dapat mengamankan pelaksanaan PSU agar berjalan aman dan lancar.
Keputusan tersebut dihasilkan melalui rapat permusyawaratan hakim (RPH) oleh sembilan hakim konstitusi yaitu, Anwar Usman selaku ketua merangkap anggota, Aswanto, Suhartoyo, Daniel Yusmic P. Foekh, Arief Hidayat, Enny Nurbaninggsih, Manahan MP Sitompol, Saldi Isra, dan Wahiduddin Adams
Empat TPS yang diputuskan menggelar PSU adalah TPS 02 Tetewang Kecamatan Kao Teluk, Frans-Muchlis 131 suara, Joel Said 58 suara, TPS 07 desa Rawajaya, kecamatan Tobelo Frans-Muchlis 171 suara, Joel Said 99 suara, pemilih, desa Supu  kecamatan Loloda Utara TPS 01, Frans-Muchlis 282 suara, Joel Said 147 suara, TPS 02 Frans-Muchlis 300 suara, Joel Said 172 suara, 105 pemilih di NHM yang belum menggunakan hak pilih.
Seperti diketahui perolehan suara masing-masing pasangan calon bupati dan wakil bupati Halmahera Utara, pasangan nomor urut 01, Frans Manery dan Muchlis Tapi Tapi memperoleh 50.697 suara sedangkan paslon nomor urut 02, Joel Wogono dan Said Bajak 50.078 suara total 100.775 suara, selisih 619 suara (mn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.