Pemkab Halmahera Utara Raih Penghargaan UHC Award 2023

  • Whatsapp

TOBELO,HR— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Utara membuktikan komitmennya untuk memberikan perlindungan jaminan kesehatan bagi masyarakatnya. Hal itu dibuktikan dengan raihan penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2023.
Komitmen Pemda Halmahera Utara terhadap sektor kesehatan jelas bukan main-main. Tercatat, sebanyak 95 persen penduduk telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Artinya, hampir seluruh masyarakat di Halmahera Utara telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan.
Atas capaian itulah, kabupaten Halmahera Utara diberikan penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Prof. Dr. Muhadjir Effendy,M.A.P kepada Wakil Bupati Halmahera Muchlis Tapi Tapi, yang didampingi oleh Asisten Bidang Administrasi Umum, dr.Devie Bitjoli di balai sudirman Jakarta, Selasa (14/03/2023).
Penyerahan penghargaan UHC Award 2023 dihadiri juga oleh Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, Prof Dr (HC) KH Ma’ruf Amin bersama dengan jajaran Kabinet Indonesia Maju dan Kementerian Lembaga.
Wakil bupati Halmahera Utara, Muchlis Tapi Tapi mengatakan pencapaian luar biasa yang telah diraih dalam Program JKN selama ini tidak lepas dari sinergi yang baik antar semua pihak. ” Penghargaan UHC merupakan penghargaan yang diberikan kepada kepala daerah atas pelayanan mutu kesehatan secara konsisten yang diberikan kepada masyarakat dan bentuk apresiasi dari pemerintah yang telah menunjukkan kerja keras serta komitmennya dalam capaian kesejahteraan kesehatan bagi masyarakat yang sudah mencapai JKN minimal 95% dari total penduduk yang ada pada suatu daerah.” Jelasnya.
Menurutnya, capaian penghargaan UHC tersebut bukan akhir dari segalanya, karena itu, pihaknya masih memerlukan dukungan semua pihak untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan jumlah kepesertaan JKN agar masyarakat semakin terlindungi jaminan kesehatannya. ” Atas nama Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras sehingga prestasi ini dapat diraih. Semoga UHC Award ini dapat menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus memberikan yang terbaik bagi daerah ini terlebih dalam kesejahteraan di bidang kesehatan.” Pungkasnya (man).

Pos terkait

"width="970" /> "width="970" />

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.