Frans-Muchlis Semakin Mantap, JOS Tumbang di PSU Pilkada Halut

  • Whatsapp
Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 07 Rawajaya Tobelo

TOBELO, HR—— Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Halmahera Utara (Halut) nomor urut 1, Frans Manery dan Muchlis Tapi Tapi (FM-Mantap), unggul dalam perolehan suara Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Halut, Rabu (28/04/2021).

Dari 6 Tempat Pemungutan Suara (TPS) Paslon FM Mantap unggul di tiga TPS dari rivalnya paslon Joel Wogono dan Said Bajak (JOS). Paslon FM-Mantap unggul di TPS 07 Rawajaya dan TPS Supu sedangkan Paslon JOS unggul di TPS 02 Tetewang dan TPS khusus NHM.

Bacaan Lainnya

Untuk TPS 07 Desa Rawajaya, Kecamatan Tobelo dengan jumlah DPT sebanyak 436 pemilih, Paslon FM-Mantap memperoleh 171 suara, Paslon JOS memperoleh 157 suara, paslon FM-Menang dengan selisih 14 suara.

Sementara itu di TPS 02 Desa Tetewang, Kecamatan Kao Teluk DPT 195, Paslon FM-Mantap meraih 59 suara, Paslon JOS meraih 91 suara, Paslon JOS menang selisih 32 suara.

Selanjutnya TPS 01 dan 02 Desa Supu, Kecamatan Loloda Utara sebanyak 928 pemilih dengan rincian TPS 01 sebanyak 442 pemilih, Paslon FM-Mantap memperoleh 180 suara, Paslon JOS memperoleh 115 suara, sisa 77 surat suara yang belum di bacakan karena pendukung JOS merobek kertas C plano, sehingga di take over oleh KPU kabupaten, paslon FM-Mantap unggul dengan selisih 65 suara.
Di TPS 02 sebanyak 486 pemilih, Paslon FM-Mantap memperoleh 263 suara, Paslon JOS memperoleh 155 suara, selidih suara 108 untuk paslon FM-Mantap.
Total keseluruhan dua TPS Supu, Paslon FM Mantap 443 suara dan Paslon JOS 270 suara, sehingga selisih 173 suara untuk paslon FM Mantap.

Selain itu, untuk TPS khusus NHM dari dua TPS, KPU menetapkan 541 pemilih, terdiri dari TPS khusus 01 sebanyak 270 pemilih, Paslon FM-Mantap mendulang 100 suara, Paslon JOS meraih 123 suara dan TPS khusus 02 sebanyak 271 pemilih, Paslon FM-Matap meraih 102 suara, Paslon JOS meraih 125 suara, di dua TPS NHM, Paslon JOS menang selisih 26 suara.

Total perolehan suara sementara di enam TPS, Paslon FM- Mantap memperoleh 875 suara sedangkan Paslon JOS memperoleh suara, 766 suara, sehingga Paslon FM- Mantap unggul dengan selisih 109 suara, jika ditambahkan denga sisa suara Paslon FM Mantap 211 suara maka FM Mantap unggul 320 suara.

Sementara pelaksanaan PSU ini, berjalan aman, lancar, tertib. Warga masyarakat pengguna hak pilih terlihat antusias mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Pantauan di lokasi TPS terlihat mematuhi protokol kesehatan (Prokes) di masa pandemi Covid-19. Dengan cara memakai masker, mencuci tangan, dan rela antre meski terik matahari.
Selain itu, terlihat pula sejumlah petugas keamanan siaga di setiap TPS yang menyelenggarakan PSU.

Pelaksanaan PSU ini sesuai putusan Mahkamah Konstitusi (MK), dengan perkara No. 57 PHPU Kabupaten Halmahera Utara (Maluku Utara). Lima TPS yang diputuskan menggelar PSU adalah TPS 02 Tetewang, Kecamatan Kao Teluk, TPS 07 desa Rawajaya, kecamatan Tobelo, TPS 01 dan 02 desa Supu kecamatan Loloda Utara dan TPS khusus di PT. NHM

Atas putusannya, hakim MK membatalkan surat keputusan KPU Halut dalam penetapan rekapitulasi perolehan suara Pilbup Halut tahun 2020, dimana pasangan calon bupati dan wakil bupati nomor urut 01, Frans Manery dan Muchlis Tapi Tapi unggul sebanyak 619 suara dari pasangan nomor urut 02, Joel B Wogono dan Said Bajak.

MK pun mengabulkan sebagian dalil dari yang di mohonkan pemohon yaitu paslon nomor urut 02.

Menanggapi perolehan suara yang didapatkan paslon FM-Mantap ini, Bupati Halut terpilih, Frans Manery menyebutkan agar menunggu hasil resmi dari KPU yang akan disampaikan pada rapat pleno.

“Yang resmi itu, setelah diputuskan KPU. Jadi mari kita tunggu putusan KPU terkait dengan hasil PSU,” kata Frans Manery.

Selain itu, Frans yang juga ketua DPD II Partai Golkar Halut mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya PSU secara aman, lancar dan tertib.

“Kami ucapkan terima kasih kepada TNI Polri yang mengamankan jalannya PSU ini, dan juga kepada masyarakat yang telah memberikan hak suara,”ujarnya.

Kemudian Frans juga mengingatkan para pendukung untuk tidak terlalu eufhoria menyambut kemenangan ini. Apalagi saat ini masih dalam keadaan pandemi covid 19. “Semua pihak agar menjaga protokol kesehatan,” pungkasnya.

Seperti diketahui pada Pilkada 09 Desember 2020 lalu, perolehan suara masing-masing pasangan calon bupati dan wakil bupati Halmahera Utara, pasangan nomor urut 01, Frans Manery dan Muchlis Tapi Tapi yang didukung koalisi partai Golkar, Nasdem, Demokrat, Hanura dan PKPI memperoleh 50.697 suara sedangkan paslon nomor urut 02, Joel Wogono dan Said Bajak yang didukung , PDIP dan PKB memperoleh 50.078 suara total 100.775 suara, selisih 619 suara untuk FM Mantap (mn)

Pos terkait

"width="970" /> "width="970" />

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.