Majelis Ta’lim Mualaf di Halmahera Utara Gelar Sunatan Massal

  • Whatsapp

TOBELO, HR— Majelis Ta’lim Mualaf Al’Muhtadin Kecamatan Tobelo kabupaten Halmahera Utara bekerjasama dengan tenaga kesehatan dari puskesmas Gorua kecamatan Tobelo Utara menggelar sunatan massal secara gratis.
Kegiatan sunatan massal ini dalam rangka menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2022, dengan Tema “Mewujudkan generasi muslim yang sehat dan bersih”
Hj. Rajia Kusame Ketua Mualaf kabupaten Halmahera Utara mengatakan, selain kegiatan sunatan massal yang dilakukan oleh MT. Mualaf Al’Muhtadin kecamatan Tobelo ini juga dirangkaikan dengan kegiatan Wisuda dari anggota mualaf dan juga peringatan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW.
“Yang melaksanakan kegiatan ini dari MT. Mualaf, tapi yang mediasi adalah ibu wakil bupati Halmahera Utara” ujar Ketua Mualaf Halmahera Utara Hj. Rajia Kusame, Minggu (02/10/2022)
Hj Rajia juga menyebutkan sebanyak 70 anak yang mengikuti sunatan massal pada kegiatan ini. “Target kami itu sebanyak 70 anak, dan itu sudah tercapai” ucapnya.
Lebih lanjut ia menjelaskan sunatan ini harus berkesinambungan bagi beragama Islam. Sebab harus diketahui bahwa sunat itu berarti membersihkan diri.
“Dasarnya orang Islam adalah kebersihan karena kebersihan itu sebagian dari iman” ungkapnya.
Selain itu, Rajia bilang kegiatan sunatan massal yang dilakukan organisasi Mualaf selama ini, di bantu oleh ibu wakil bupati Halmahera Utara,” Harapannya bagi umat Islam dari usia dini itu sudah seharusnya di sunat jangan ditunda-tunda sampai besar dan ini sudah pernah terjadi ketika kami buat sunatan massal di Halmahera Utara banyak yang kami temukan anak-anak sudah besar baru ikut di sunat” tandasnya.
Sementara itu, Rahmawati Suling Penasehat Organisasi Wanita Islam Halmahera Utara menjelaskan, kegiatan sunatan massal ini bukan baru kali ini lakukan tetapi ketika wakil bupati Halmahera Utara Muchlis Tapi Tapi diamanatkan dan sejumlah kegiatan bakti sosial sudah sering dilakukan salah satunya adalah sunatan massal.
“Kegiatan sunatan massal yang sudah kami lakukan itu mulai dari Togoliua sampai Loloda dan hari ini dilaksanakan di Tobelo, karena majelis ta’lim sudah datang berkoordinasi dengan saya agar supaya difasilitasi pelaksanaan sunatan massal” jelasnya.
Menurut isteri wakil bupati Halmahera Utara ini bahwa kegiatan sunatan massal merupakan bagian dari program mereka yang di khususkan membantu bagi warga yang kurang mampu agar mereka bisa terbantu ikut sunatan, karena biaya sunatan sekarang ini cukup mahal yakni berkisar Rp 600 ribu sampai Rp 700 ribu per orang.
“Saya dibantu oleh Mantri dan Bidan yang selalu mendukung program saya, dimana pernah kami lakukan sunatan sampai 80 hingga 90 anak, dan respon dari masyarakat setiap ada sunatan massal mereka berlomba-lomba untuk datang mendaftar” ucapnya
Rahmawati juga menyampaikan terimakasih kepada warga masyarakat yang telah mendukung program ini sehingga ia pun terpanggil untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan bakti sosial.
“Saya berharap kegiatan ini, Insya Allah selagi saya bersama dengan pak wakil bupati dipercayakan disini kami tetap melaksanakan, karena itu sudah janji kami dengan pak wakil untuk membantu masyarakat yang kurang mampu” tandasnya (man).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.