Pelantikan Cabup dan Wabup Halut Terpilih Diupayakan Bersamaan Dengan Cabup dan Wabup Halsel

  • Whatsapp

TOBELO, HR—– Usai Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Halmahera Utara (Halut) menggelar rapat paripurna Hasil Penetapan Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Halut terpilih periode 2021-2024. Rabu (05/05/2021) di ruang paripurna Kantor DPRD setempat.
Kini hasil keputusan pengesahan DPRD Halut itu, telah diserahkan oleh tim DPRD ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Gubernur Maluku Utara,
“Hasil pengesahan pasangan calon bupati dan Wakil bupati Halut terpilih, sudah sampai di Biro Tata Pemerintahan Setda Provinsi Maluku Utara,” Kata Sekertaris Dewan (Sekwan ) Halut, Abdul Azis Bopeng, Jumat (09/05/2021).
Menurut, Azis hasil pengesahan Paslon bupati dan wakil bupati Halut terpilih itu, selanjutnya akan diteruskan ke Kemendagri untuk proses SK pengangkatan, ” Jadi mereka berupaya percepat proses di Kemendagri biar pelantikan bisa berbarengan dengan calon bupati dan wakil bupati terpilih kabupaten Halsel,” ujarnya.
Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Halmahera Utara (Halut) menggelar rapat paripurna Hasil Penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Halut periode 2021-2024. Rabu (05/05/2021).
Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Yulius Dagilaha, didampingi Wakil Ketua, Wiliam Manery serta di hadiri anggota DPRD dan, Penjabat bupati Halut, Saifuddin Djuba, Forkopimda, pimpinan OPD Kabupaten serta undangan lain.
Rapat paripuna ini dihadiri, Pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati terpilih, Frans Manery dan Muchlis Tapi Tapi, tampak hadir juga komisioner KPU Halmahera Utara.
Rapat paripurna yang dilaksanakan itu berdasarkan surat keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Halmahera Utara nomor : 26 /PL.06.2-Kpt/8203/KPU-Kab/IV/2021, tentang penetapan rekapitulasi penghitungan perolehan suara pasca putusan Mahkamah Konstitusi nomor 57/PHP.BUP-XIX/2021 dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Halmahera Utara tahun 2020.
Untuk diketahui, KPU Halut telah menetapkan Paslon Frans Manery dan Muchlis Tapi Tapi sebagai Bupati dan Wakil Bupati Halut terpilih dengan meraih 50.743 suara mengalahkan rivalnya Paslon Joel B Wogono dan Said Bajak (JOS) yang hanya meraih 50. 377 suara, ada 101.120 suara sah, dan 1. 215 suara tidak sah, maka Paslon FM Mantap mengungguli Paslon JOS dengan selisih 366 suara.
KPU Halut kemudian menetapkan rekapitulasi hasil Pemungutan Suara pada Pemilihan bupati dan wakil bupati Halut pada 9 Desember 2020, ditambah suara hasil Pleno KPU tentang rekapitulasi Pemungutan Suara Ulang dan Pemungutan Suara Susulan.(mn)

Pos terkait

"width="970" /> "width="970" />

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.