DAK Fisik Kabupaten Halmahera Utara Terancam Hangus

  • Whatsapp

TOBELO, HR — Realisasi penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik di kabupaten Halmahera Utara Maluku Utara terancam hangus, lantaran hingga saat ini dana transferan dari pusat itu belum terserap sama sekali.
” Kalau lewat batas 21 Juli tidak terserap, (DAK Fisik) tidak bisa diambil. Itu hangus,” ungkap Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tobelo, Toni, di acara media briefing Torang Pe APBN Edisi Bulan Mei 2023 di Ballroom Hotel Marahai Park, Kecamatan Tobelo Tengah, Selasa (30/05/2023).
Toni menjelaskan penyebab sehingga DAK fisik belum terealisasi itu, Pemda masing-masing yang lebih tahu. Namun secara umum kendala sehingga DAK fisik belum dicairkan biasanya terkendala persoalan administratif.
“Yang lebih tahu kendalanya tentu Pemda. Ada beberapa syarat untuk mencairkan DAK Fisik termasuk di antaranya administrasi laporan DAK fisik tahun sebelumnya yang harus selesai,” bebernya.
Pihaknya berharap DAK fisik jadi prioritas di daerah untuk segera diserap. Ini lantaran DAK Fisik dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lebih kuat. Ini karena pembangunan menyentuh ke sektor riil. “Kalau DAK fisik jalan maka pengaruh ke sektor riil lebih kuat. Uang yang beredar pun sangat cepat,” jelasnya (man).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.