Pangdam XV/Pattimura Tegaskan Netralitas TNI Jelang Pilkada

  • Whatsapp

TOBELO, HR — Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XV/Pattimura, Mayor Jenderal TNI Syafrial, MSC., M.Tr. (Han) menekankan sikap netralitas para anggota TNI dalam perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

“Rangkaian proses tahapan Pilkada 2024 sudah dimulai. Pesta demokrasi tersebut, biasanya akan diiringi dengan meningkatknya suhu politik. Jadi kami dari TNI ditahun politik Pilkada ini, ditekankan oleh Panglima TNI, Kepala Staf TNI Angkatan Darat, serta semua pimpinan jajaran tingkat bawah, selalu meyakinkan bahwa kita TNI bersikap netral,” kata Pangdam XV/Pattimura, Mayor Jenderal TNI Syafrial, MSC., M.Tr. (Han) didampingi Danrem 152/Baabullah Brigjen TNI Elkines Villando Dewangga K., S.AP., M.AP di Halmahera Utara, Jumat (07/06/2024).

Pangdam juga menyampaikan beberapa pesan yang harus dilakukan oleh prajurit TNI, sekaligus PNS TNI-AD di wilayah Kodam Pattimura. Selain bersikap reaktif terhadap segala isu yang berkembang, ia juga menghimbau seluruh personelnya untuk bisa membawa kesejukan di tengah-tengah masyarakat, terlebih untuk bersikap netral selama berlangsungnya Pilkada, ” TNI adalah institusi strategis yang memiliki jangkauan sampai ke pelosok nusantara, dan mendapat kepercayaan tinggi dari masyarakat. Karena, tugas TNI untuk mengamankan dan menjamin suksesnya pesta demokrasi, tidak boleh dirusak oleh sikap yang tidak netral,”  tegasnya.

Pangdam berharap kepada masyarakat atau pemilih, jika nantinya dalam pemilihan dapat menyalurkan aspirasinya sesuai hati nurani, ” Kepada peserta calon Gubernur, bupati, walikota juga harus meyakini dalam setiap kompetisi pasti ada kalah dan menang, Kalau menang secara terhormat jangan arogan, kalah harus terima lapang dada, perbaiki lagi siap bertarung kompetisi berikutnya jangan provokasi masyarakat,” ujarnya.

” Saya berkomitmen dengan Kapolda Maluku, termasuk Danrem bersama Kapolda Maluku Utara kita jaga bersama-sama, saya berterima kasih juga proses pemilu langsung, Pileg dan Pilpres bejalan dengan baik harus kita pertahankan,” tandasnya (man).

 

.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.