Ipda Masqun Abdukish Kapolsek Perempuan Pertama di Halut

  • Whatsapp

TOBELO, HR—– Polres Halmahera Utara (Halut) kini memiliki sosok Polwan yang menjabat sebagai Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) di kecamatan Kao kabupaten Halut namanya Masqun Abdukish, SH berpangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda).
Perempuan yang akrab dipanggil Masqun ini, tercatat sebagai Kapolsek perempuan pertama di Polres Halut.
Perempuan kelahiran Malifut 16 Agustus 1986 ini mengawali karirnya dari Bintara Polisi tahun 2004 – 2005 dan baru lulus Sekolah Inspektur Polisi tahun 2018.
Sebelum dilantik sebagai Kapolsek Kao, Masqun masih berpangkat Bintara sudah dipercayakan sebagai Sekertaris pribadi (Sespri) Kapolda Maluku Utara, Brigjen Pol Nian Sarifudin dan Brigjen Pol Mustofa, setelah itu ditugaskan di Satlantas Polres Ternate, kemudian dimutasikan ke Dirlantas Polda Malut, dan selanjutnya ditugaskan di Bagian Humas Polda Malut.
Saat di Humas Polda Malut tahun 2018 itu, Masqun ikut sekolah perwira, setelah kembali dari pendidikan perwira, Ia ditempatkan di Dit Samapta Polda Malut selama 2 tahun lebih, dan saat ini dipercaya memimpin Polsek Kao oleh Kapolda Maluku Utara, Irjen Pol Risyapudin Nursin.
Masqun merupakan anak semata wayang ini masih berstatus lajang dan hidup bersama ibunda tercinta Rasina Abdukish.
Sebagai unsur pimpinan polisi ditempatnya bertugas, Ipda Masqun, berpesan kepada anggotanya agar benar-benar memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Serta bekerja dengan tulus ikhlas dan didorong oleh sebuah pengabdian kepada nusa dan bangsa.” Saya punya inovasi yang namanya CSP atau Curhat Sama Polisi, dan saya akan buat satu ruangan khusus di Polsek,” kata Masqun Abdukish, saat ditemui di Mapolres Halut, Rabu (16/06/2021).
Karena bagi Polwan berjilbab ini, menyebutkan setiap masalah jika bisa diselesaikan secara kekeluargan di tingkat Polsek tidak harus dilanjutkan sampai ke Polres, “Jadi sekarang saya mulai merangkul semua stakeholder, termasuk pemuda, pemerintah desa tokoh adat dan tokoh agama,” ujarnya.
Untuk itu, Perempuan berparas cantik asli Halut dari desa Ngofagita Malifut ini mengatakan tiada kesuksesan anggota polisi apabila tidak didukung masyarakat. Sinergitas aparat penegak hukum dengan masyarakat itu sangat penting. Karena itu, tingkat partisipatif masyarakat harus ditingkatkan.” Caranya, melalui komunikasi yang efektif dengan pendekatan humanis dan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal,” tandasnya.
Jenjang pendidikan Ipda Masqun Abdukish, dimulai dari Sekolah Dasar Malifut, tamat dari SD kemudian Ia masuk SMP Malifut dan tidak lama kemudian pindah di SMP Kota Ternate karena terjadi konflik sosial tahun 2000 akhirnya Ia menamatkan Pendidikan di SMA 4 Kota Ternate.
Ipda Masqun juga merupakan salah satu perwakilan Polwan Polda Maluku Utara, yang pernah menjadi pembicara kegiatan 57 tahun International Association Of Women Police (IAWP) Annual Training Confrence di Anchorage Alaska Amerika Serikat. (man)

Pos terkait

"width="970" /> "width="970" />

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.